Minggu, 09 November 2014

Ringkasan Materi Standard Operating Sistem (SOP) Administrasi Transaksi


SOP Administrasi Transaksi

Standard Operational Procedure ( SOP ) adalah aturan yang diterapkan oleh perusahaan dalam menangani berbagai kegiatan yang terjadi di perusahaan. SOP untuk menangani administrasi transaksi akan mengikuti alur dari transaksi.
I.   SOP administrasi pembelian
  1. Mempersiapkan bukti permintaan berupa surat permintaan
  2. Melakukan Survei Pasar dengan mengirimkan Surat Penawaran Order
  3. Perusahaan yang menjadi supplier  barang
  4. Memutuskan pihak yang akan menjadi supplier
  5. Surat perjanjian yang memberikan perlindungan terhadap barang
  6. Pemeriksaan barang dilakukan oleh ahlinya sesuai dengan pesanan. Jika  sesuai masuk ke gudang jika tidak maka barang dikembalikan dengan memberikan nota hasil pemeriksaan kepada penjual.
  7. Membayar transaksi sesuai dengan prosedur pengeluaran kas.
II.  SOP administrasi penjualan tunai
  1. Menerima surat permintaan (order) dari calon pembeli.
  2. Negosiasi dibuktikan dengan notolen ( catatan kesepakatan sementara ).
  3. Membuat dan menandatangani surat perjanjian.
  4. Faktur dibuat dengan benar dan teliti
  5. Barang dagangan sebelum dijual diperiksa sesuai dengan pesanan pembeli.
  6. Periksa invoice asli dan invoice rangkap serta teliti uang tunai yang dibayarkan
  7. Buat kuitansi sesuai dengan jumlah uang yang diterima.
  8. Kirimkan barang yang dijual dengan cepat kepada konsumen.
III. SOP administrasi penjualan kredit
  1. Menerima surat permintaan (order) dari calon pembeli.
  2. Negosiasi dibuktikan dengan notulen hasil pertemuan
  3. Calon pembeli mengisi Aplikasi Kredit dengan lengkap
  4. Periksa formulir aplikasi kredit, sesuaikan dengan bukti yang dilampirkan.
  5. Pembuktian survei calon pelanggan dengan formulir bukti survei
  6. Kepala bagian kredit menyetujui penjualan kredit tersebut
  7. Bila setuju dilakukan proses penjualan bila tidak dikembalikan kepada calon pelanggan.
  8. Surat perjanjian dibuat sesuai dengan standar perusahaan.
  9. Buatkan invoice. 
  10. Kirim barang dengan tepat waktu kepada pembeli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Diskon Zalora