Selasa, 11 November 2014

Ringkasan Materi Tentang Pramuniaga



1.Pengertian Pramuniaga
Pramuniaga adalah karyawan peusahaan dagang yang bertugas melayani konsumen. Pramuniaga mengemban tugas memberikan pelayanan dan berhadapan langsung dengan konsumen agar konsumen merasa puas dan nyaman dengan produk dagang yang ditawarkan. Sehingga tercipta transaksi jual beli bahkan  pembelian berlangganan terhadap produk dagang. Dalam hal ini, pramuniaga bertindak sebagai katalis yang memperlancar proses penjualan produk terhadap pembeli.
Konsumen mengharapkan pelayanan yang baik dari penjual. Yaitu mendapatkan informasi yang cukup mengenai produk dagang yang dibutuhkan konsumen. Informasi berupa kuantitas, kualitas dan harga produk dagang merupakan hal utama yang dipertimbangkan konsumen sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk yang ditawarkan.
Dengan kata lain, seorang pramuniaga dituntut untuk menyampaikan informasi suatu produk dagang secara jelas dan menarik kepada konsumen.  Pramuniaga harus paham pada produk dagang yang ditawarkan sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam transaksi jual beli.
2. Cara Pramuniaga Melayani konsumen
v Menjumpai
Menunjukkan sikap peduli dengan cara menyapa konsumen dengan ramah
v Mempelajari
Mempelajari keinginan dan selera konsumen terhadap suatu produk
v Mengusulkan
Menawarkan suatu produk melalui pemberian informasi tentang kualitas, harga, dan spesifikasi produk
v Menegaskan
Menginformasikan spesifikasi produk secara persuasif agar konsumen tertarik pada produk yang ditawarkan
v Menjamin
Meyakinkan kepada konsumen bahwa produk yang telah dibeli memiliki kualitas yang sesuai dengan spesifikasinya. Jika perlu menawarkan garansi atau asuransi produk dengan kesepakatan tertentu.
3.Kegiatan Pramuniaga Sebelum Buka Toko
Ø Membersihkan area penjualan
Ø Merapikan, menyusun dan memajang barang
Ø Memeriksa kebersihan produk termasuk kelengkapan label harga
Ø Memeriksa stok barang
Ø Mengikuti pengarahan dan mempersiapkan promosi
Ø Mengenakan semua perlengkapan kerja
4.Kegiatan Selama Operasional Toko
¯ Menyambut pelanggan dengan senyum dan sapaan ramah
¯ Menjaga dan merapikan barang dagangan
¯ Mengisi kembali persediaan produk
¯ Menawarkan produk dan mengucapkan terimakasih pada pelangan
¯ Menjaga kebersihan dan keamanan barang dagangan
5.Kegiatan Pramuniaga Menjelang Tutup Toko
ü Memastikan area berjualan terjaga kebersihannya
ü Menata dan menutup barang dagangan
ü Memastikan keamanan area berjualan
ü Mengikuti arahan dari atasan
6. Larangan Bagi Pramuniaga
ý Menghardik, menghina dan menghakimi pelanggan
ý Berdebat dengan pelanggan
ý Acuh tak acuh pada pelanggan
ý Bergerombol dan ngobrol dengan karyawan lain selama jam kerja
ý Membiarkan pelanggan menunggu lama
ý -meletakkan tangan di saku atau di belakang punggung saat melayani
ý Menjanjikan suatu hal di luar prosedur kepada pelanggan
ý Meninggalkan area penjualan tanpa ijin
ý Makan-minum, menerima penggilan ponsel saat bertugas
ý Melakukan transaksi di luar kassa
Bersandar, jongkok, bertopang dagu dan menguap di area penjualan saat melayani pelanggan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Diskon Zalora